Moge Honda: Kelebihan dan Kekurangan Honda Tiger 2000


April 3, 2019

Bagi pecinta motor pria, Tiger dari Honda sudah bukan motor asing lagi. Tiger telah menjadi pilihan pertama motor pria di tahun 1993 hingga 2000an. Moge atau motor gede untuk Tiger tidak dilihat dari bodynya karena Tiger relatif tetap ramping untuk kelas motor sporty, namun bisa Anda lihat dari kapasitas tangki. Tiger 2000 memiliki tangki dengan kapasitas 200cc dengan mesin bertransmisi 4 tak yang handal dan cepat di jalanan. Bagi Anda yang sekarang ini ingin bernostalgia dengan moge lama, pilihan Honda Tiger 2000 selalu menjadi jawaban yang tepat.

Motor bercc besar selalu menjadi pilihan yang tepat untuk Anda pecinta kecepatan dan ketangguhan di jalan raya. Tiger dengan kapasitas tangki 200cc mampu memberikan kestabilan saat dikendarai dengan kecepatan tinggi. Termasuk dalam varian motor sport dengan mesin 4 tak, Tiger menjadi pilihan utama para pria di tahun 2000an. Honda sendiri dikenal sebagai produsen motor yang irit bahan bakar sehingga menjadi kelebihan tersendiri untuk membuat Tiger 2000 memperoleh angka penjualan yang paling banyak.

Sejak diproduksi, Tiger memiliki 2 varian yang dibedakan dari bodynya. Varian pertama di produksi dari tahun 1993 hingga 2002 dengan julukan Super Cruiser. Memiliki lampu utama dan lampu belakang yang masih menggunakan satu bohlam namun sudah mendukung reflektor multilensa. Sedangkan untuk Tiger yang di produksi tahun 2002 hingga 2006 dan dikenal dengan sebutan New Super Cruiser, sudah menggunakan lampu utama dan belakang dengan 2 bohlam yang dipasang secara horizontal.

Semua orang ingin memiliki motor sport karena kecepatan dan kestabilan yang dimilikinya berbeda jauh dengan motor bebek ataupun motor matic. Moge Honda tiger sendiri memiliki kelebihan dalam bidang penggunaan mesin 4 tak DOHC satu silinder dimana saat itu masih ramai penggunaan mesin 2 tak untuk motor sport. Mesin 4 tak akan meminimalisir produksi asap dan suara sehingga relatif lebih nyaman menggunakan Tiger ini di jalan raya maupun perkampungan. Kapasitas silinder yang 200cc mampu memberikan daya maksimum hingga 17.0PS sehingga pas untuk Anda yang menyukai manufer di jalan raya ataupun track balap.

Baca Juga :  Spesifikasi Mobil Rush Terbaru yang Buat Kamu Ingin Memilikinya

Kelebihan lainnya ada pada model kerangka Tiger. Moge Honda ini sudah menggunakan kerangka diamond style yang meski ringan namun kuat. Hal ini menyebabkan motor Tiger lebih mudah dikendarai dan dikendalikan meski dengan kecepatan penuh. Kelebihan lainnya dalam hal body adalah penggunaan suspensi teleskopik untuk bagian depan dan double swing shockbreaker untuk bagian belakang sehingga baik pengendara maupun penumpang akan lebih nyaman saat menggunakannya di area jalan yang kurang rata. Dalam hal keamanan, Tiger ini sudah dilengkapi dengan dua buah rem cakram di bagian roda depan dan belakang.

Kelebihan lain yang ada pada motor Tiger Honda ini adalah mudahnya Anda bisa memodifikasinya. Akan banyak ditemukan tebeng emblem dan spare part lainnya untuk seri ini dengan kualitas yang bervariasi. Namun untuk melakukan modifikasi hendaknya Anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan ahlinya agar tak salah dalam memilih dan mengganti. . Jangan lupa untuk juga merawat mesin motor baik ketika motor sering digunakan maupun jarang digunakan. Panasi mesin di pagi hari atau sebelum digunakan agar performa mesin tidak mengalami kemunduran meski sudah dipakai sejak lama.